Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di die-silver.blogspot.com

Modifikasi Theme Wordpress Blog Belajar SEO

Memodifikasi themes wordpress memang bisa menjadi hal yang menyulitkan, terutama bila kita tidak memiliki kemampuan di bidang HTML dan CSS sedangkan themes wordpress yang ingin anda modifikasi adalah themes wordpress yang cukup rumit dari segi coding-nya :D

Saya mempunyai kemampuan coding HTML dan CSS yang masih setingkat playgroup di artikel belajar HTML dan CSS yang lalu. Maka dari itu, ketika melihat orang Gnupi.com berkomentar mengenai navigasi blog ini yang menggunakan javascript tabber.js yang cukup mengganggu. Waktu itu saya hanya bisa menyetujuinya, karena menurut saya memang loading blog ini menjadi berat

ketika membuka panel navigasi javascript tersebut.

Percobaan pertama saya menghilangkan efek javascript tersebut malah membuat atribut dekorasi teks dari panel navigasi itu hilang dan amburadul. Waktu itu, wordpress engine di lokal PC saya masih merupakan versi 2.3, jadi saya tidak bisa memodifikasi themes itu di blog wordpress saya dirumah karena themes-nya gak support untuk versi Wordpress tersebut. Alasan saya mempertahankan versi 2.3 itu sebetulnya agak menunjukkan betapa cupu-nya saya. Karena saya tidak mau menggantinya karena saat itu wordpress terbaru yang bisa didownload adalah wordpress 2.6 yang mana versi tersebut memiliki fitur wp-revision sehingga bisa membuatnya ‘boros’ dari segi database bila saya berulang kali men-save draft artikel blog di wordpress lokal PC saya.

Baru 3 hari yang lalu saya menyadari keberadaan “Release Archive” di Wordpress.org, dan saya senang sekali bisa men-download Wordpress versi 2.5.1, dengan admin panel yang tidak terlalu ketinggalan jaman, tiny MCE text editor yang lebih komplit dan tanpa fitur WP-Revision. Sebetulnya ada sih cara mematikan fitur revisi di Wordpress versi terbaru dengan sedikit modifikasi di syntax Wordpress engine, tapi kebetulan saya belum pernah mencobanya *dasar pemalas* :)

Akhirnya semalam sambil diselingi mengikuti perkembangan perjuangan para blogger melawan penipuan di internet, saya bisa ‘bermain’ dengan themes Statement yang saya gunakan di blog ini. Kerepotan yang saya alami selama memodifikasi themes wordpress ini adalah karena ia memiliki 2 file stylesheet dan saya belum bisa menelusuri hubungan antara kode CSS dan tabber.js yang ingin saya hilangkan tersebut.

Namun, dengan sedikit kesabaran dan berbekal pembelajaran HTML dan CSS kilat yang saya paksakan ke diri saya, akhirnya bisa juga menghilangkan efek navigasi tab di themes ini. Emang sih, jadi agak terkesan wagu (gak keren, -red) panel navigasinya, tapi setidaknya bisa lebih meringankan bandwith koneksi internet teman-teman dan saya sendiri yang berkunjung ke blog belajar SEO ini.

Bila ada saran untuk ‘mendandani’ header dari panel navigasinya dari teman-teman sekalian, saya dengan amat senang hati dan penuh terima kasih akan menerimanya.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di die-silver.blogspot.com
Gunakan Tombol berikut untuk menyimpan halaman :
Modifikasi Theme Wordpress Blog Belajar SEO
menjadi format PDF dan lebih maksimal jika terdapat kesalahan koneksi atau yang lainnya.

..::Artikel Menarik Lainnya::..

0 comments:

Post a Comment

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi atau dapat juga diganti dengan email anda.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan). Jika komentar anda berupa pertanyaan, maka jika anda menggunakan opsi ini tidak akan ditanggapi. Lebih baik anda gunakan pilihan dibawah ini:

Jika ingin komentar anda tidak dipublikasi, silahkan klik disini.

Terima kasih, komentar anda sangat berarti untuk die-silver.blogspot.com
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

newer post older post home

About Me

My Photo
ardi33
Sangat bercita-cita menjadi seorang webmaster yang selalu dapat memberikan yang terbaik dan bermanfaat kepada semua orang, dan sekarang sedang dalam tahap pembelajaran yang tak kenal lelah!!!
View my complete profile

Stats

Blog Rank:Powered by  MyPagerank.Net
Traffic Rank:Alexa Certified Site Stats for http://die-silver.blogspot.com
Online Visitor:
Blogger Template by Ardi33.Web.id.
Originally Die Silver Template Edited by TemplateZone