Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di die-silver.blogspot.com

Mengenal File .htaccess

Karena sempat mengalami pusing kepala karena pembelian domain web.id yang tidak bisa diakses karena masalah hosting, saya menemukan penyebab terjadinya pusing kepala itu, ternyata disebabkan oleh file htaccess ini. Sharing dulu ya, hhe. Mungkin karena keberadaan saya yang masih newbie (merendah mode:ON) jadi saya masih bingung dengan hosting. Kemudian saya iseng-iseng menggunakan hosting gratis ala 000webhost.com dan pada saat pembelian domain, saya mengisikan nameservers milik 000webhost.com. . Nah, setelah domain jadi dan saya pasang di blog, ternyata blog saya tidak bisa diakses karena harus konfirmasi hosting atau apalah itu saya lupa. Setelah cari-cari pokok permasalahan di Oom Google, ternyata ada yang aneh, di semua direktori ada file yang disebut file htaccess ini. Tapi kenapa di hosting punya saya tidak ada yaa? Pusing-pusingan lagi nih.

Setelah beberapa melakukan Blogwalking eh, nemuin info dan mungkin ini juga bisa menambah pengetahuan Anda mengenai file htaccess ini. Mengenai redirect dengan file htaccess di postingan berikutnya aja yaa? Sekarang pengenalan tentang file htaccess dan untuk apa saja file htaccess itu.

Terus, apa itu file .htaccess ?

File .htaccess adalah file konfigurasi yang disediakan oleh web server Apache, yang biasanya digunakan untuk mengubah settingan default dari Apache. Kita ketahui bahwa sebagian besar hosting web di internet menggunakan Apache sebagai servernya sehingga bagi para pengelola web / webmaster sedikit banyak harus belajar tentang .htaccess agar kita bisa mengubah settingan default dari server.

File .htaccess merupakan file teks ASCII sederhana yang biasanya diletakkan dalam root direktori. File ini diharuskan dalam format ASCII dan bukan binary dan untuk file permission (atribut file) pada server hosting harus di set 644 (rw-r-r). Hal tersebut dimaksudkan agar server dapat mengakses file .htaccess, tapi mencegah user untuk mengakses file .htaccess dari browser mereka. File .htaccess yang diletakkan dalam root direktori dapat digunakan untuk mengubah konfigurasi dari subdirektori-subdirektori yang ada didalamnya, sehingga dalam satu website biasanya kita cukup untuk mempunyai 1 file .htaccess saja yang diletakkan dalam root direktori.

Kode perintah dalam file .htaccess harus ditempatkan dalam satu baris, jadi apabila kita membuat file .htaccess dengan menggunakan text editor seperti notepad maka kita harus mendisable fungsi word wrap (memotong baris) terlebih dahulu.

Kegunaan File .htaccess

File .htaccess dapat digunakan antara lain untuk :

Customize Error Message

artinya kita dapat mengubah halaman error pada server, dengan mendefinisikan sesuai dengan keinginan kita sendiri.

Override SSI Settings

Secara default, hanya halaman web yang mempunyai extensi .shtml yang bisa menjalankan server-side termasuk SSI di server. Dengan menggunakan .htaccess kita dapat mengubah setting default tersebut agar SSI bisa bekerja dengan format HTML.

Untuk mengubah settingan tersebut, kita dapat menambahkan kode berikut di file .htaccess

AddType text/html .html
AddHandler server-parsed .html




Jika kita menginginkan halaman yang berekstensi .html dan .htm untuk dapat menjalankan SSI, maka file .htaccess dapat ditambahkan kode berikut:

AddType text/html .html
AddHandler server-parsed .html
AddHandler server-parsed .htm


Change Default Home Page

artinya bahwa file .htaccess dapat digunakan untuk mengubah nama default halaman depan web. Agar user bisa mengakses website kita hanya dengan nama domain saja (http://www.nama_web.com) tanpa harus menulis nama file secara jelas (http:www.nama_web.com/file.html), kita harus mempunyai file index di root direktori. Nama file yang bisa diterima antara lain index.html, index.htm, index.cgi, index.php dll. Pastikan bahwa file tsb bernama index.*

Ada tingkatan dalam pemberian nama tersebut. Jika kita punya index.cgi & index.html di root direktori maka server akan menampilkan index.cgi karena .cgi memiliki tingkatan yang lebih tinggi daripada .html

Dengan .htaccess, kita bisa mendefinisikan file index tambahan atau bisa juga mengubah urutan tingkatannya. Untuk mendefinisikan halamandepan.html sebagai halaman index, kita dapat menambahkan kode berikut ke file .htaccess

DirectoryIndex halamandepan.html


Hal ini akan membuat server mencari file bernama halamandepan.html. Jika server menemukannya maka server akan menampilkannya. Tapi bila tidak, maka server akan menampilkan error 404 Missing Page.

Untuk mengubah urutan tingkatan, kita dapat memasukkan perintah DirectoryIndex dengan nama-nama file dalam satu baris. Urutan penulisan file tersebut menentukan urutan tingkatan, contohnya:

DirectoryIndex halamandepan.html index.cgi index.php index.html


Enable Directory Browsing

Untuk alasan keamanan, server Apache biasanya telah menghilangkan default setting yang memungkinkan directory indexing. Opsi inilah yang memungkinkan isi dari direktori untuk ditampilkan di browser jika direktori tersebut tidak mempunyai halaman index.

Contohnya, jika kita memasukkan sebuah URL yang tidak mempunyai halaman index seperti misalnya http://domainanda.com/images/, maka browser akan menampilkan daftar images di dalam direktori tersebut.

Block Users from Accessing Your Web Site

Jika kita menginginkan mem-blok access untuk beberapa user, dimana kita mengetahui IP / domainname yang digunakannya, kita dapat menambahkan kode berikut :

order deny,allow
deny from 123.456.789.000
deny from 456.78.90.
deny from .aol.com
allow from all


Pada contoh di atas, user dg IP 123.456.789.000 akan diblok. Semua user antara 456.78.90.000 sampai 456.78.90.999 akan diblok. Dan semua user yang berasal dari AOL.com akan diblok. Jika mereka mencoba mengakses website kita, maka akan tampil error 403 Forbidden (”You do not have permission to access this site”)

Redirect Visitors to a New Page or Directory

Misalkan kita membuat ulang seluruh website kita, me-rename halaman & direktori. Maka pengunjung halaman lama akan mendapat error 404 File Not Found. Masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan redirect dari halaman lama ke halaman yang baru. Contohnya bila halaman lama kita adalah oldpage.html dan halaman baru adalah newpage.html maka perintahnya adalah:

Redirect permanent /oldpage.html http://www.mydomain.com/newpage.html


Jika kita me-rename (mengganti nama) direktori, maka perintahnya adalah:

Redirect permanent /olddirectory http://www.mydomain.com/newdirectory/


Perhatikan bahwa nama direktori yang lama ditulis dengan relative path, sementara yang baru ditulis dengan URL absolut

Prevent Hot Linking and Bandwidth Leeching

Untuk mencegah orang lain me-link secara langsung ke direktori image anda dari website mereka, biasanya ada orang mengambil gambar dari website kita, tapi tetap menggunakan link diserver host kita, ini tentu akan merugikan bagi kita karena dapat mengurangi bandwith di hosting kita, untuk mengatasi hal ini kita dapat menambahkan kode berikut:

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http://(www\.)?namadomain.com/.*$ [NC]
RewriteRule \.(gif|jpg)$ - [F]


Perintah tersebut akan membuat direktori image hanya bisa diakses bila user sedang mengakses www.namadomain.com

Jika kita merasa jengkel, kita bisa membuat sebuah image alternatif bila direktori image di-link oleh orang lain. Contohnya kita membuat image alternatif dengan nama nogambar.gif yang bertuliskan: “Gambar dr web lain … kunjungi http://namadomain.com untuk melihat gambar sebenarnya.” Maka kita dapat menambahkan kode berikut:

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http://(www\.)?mydomain.com/.*$ [NC]
RewriteRule \.(gif|jpg)$ http://www.mydomain.com/dontsteal.gif [R,L]


Prevent viewing of .htaccess or other files

Untuk mencegah user mengakses file .htaccess, ketikkan perintah:

order allow,deny
deny from all


Dari beberapa kegunaan dari file .htaccess diatas, kita dapat kembangkan sesuai dengan kebutuhan kita. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat tentunya :D

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di die-silver.blogspot.com
Gunakan Tombol berikut untuk menyimpan halaman :
Mengenal File .htaccess
menjadi format PDF dan lebih maksimal jika terdapat kesalahan koneksi atau yang lainnya.

..::Artikel Menarik Lainnya::..

5 comments:

Cosmo July 3, 2009 at 1:44 PM  

template lw berhasil dgn baik,posting lw cihuy abis,hehehe

Basic SEO July 3, 2009 at 2:20 PM  

mantab bro, thanks yaw

Denny July 3, 2009 at 6:43 PM  

hehehe kemajuan bro.. semangat ya..

papa dah pulang??? oleh2 lo... hwhwhwhwhwhw..

htaccess.. aw

eh oblo kok ga ada di friend link =.=

Post a Comment

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi atau dapat juga diganti dengan email anda.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan). Jika komentar anda berupa pertanyaan, maka jika anda menggunakan opsi ini tidak akan ditanggapi. Lebih baik anda gunakan pilihan dibawah ini:

Jika ingin komentar anda tidak dipublikasi, silahkan klik disini.

Terima kasih, komentar anda sangat berarti untuk die-silver.blogspot.com
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

newer post older post home

About Me

My Photo
ardi33
Sangat bercita-cita menjadi seorang webmaster yang selalu dapat memberikan yang terbaik dan bermanfaat kepada semua orang, dan sekarang sedang dalam tahap pembelajaran yang tak kenal lelah!!!
View my complete profile

Stats

Blog Rank:Powered by  MyPagerank.Net
Traffic Rank:Alexa Certified Site Stats for http://die-silver.blogspot.com
Online Visitor:
Blogger Template by Ardi33.Web.id.
Originally Die Silver Template Edited by TemplateZone